Perkembangan Social Media Bisnis



Dalam dunia bisnis marketing merupakan hal yang paling crusial atau penting. Marketing atau pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan mempertukarkan tawaran (offerings) yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakata umum . Marketing bisa dilakukan oleh jasa social media marketing untuk memasarkan produknya.


Di masa digital ini strategi ataupun metode marketing sudah tumbuh, banyak pengusaha yang telah menggunakan media sosial bagaikan salah satu strategi pemasaran mereka. Dari kenyataan tersebut mencuat suatu fenomena baru ialah“ Buzz Marketing” ataupun" Viral Marketing" yang ialah metode pemasaran produk ataupun jasa buat menciptakan bisnis lewat data dari account sosial media yang satu ke account sosial media yang lain. Salah satu strategi pemasaran ataupun marketing( manual) yang biasa digunakan merupakan dengan metode promosi.


Banyak metode yang dapat digunakan buat melaksanakan promosi, salah satunya merupakan dengan menyebarkan flyer ataupun menyebarkan data dari mulut ke mulut. Tetapi dalam realitasnya masih banyak pengusaha yang salah dalam melaksanakan promosi, semacam kesalahan dalam iklan yang sangat mengawang serta sangat mencakup sangat banyak segmen( general) oleh karenanya iklan ini tidak hingga kepada konsumen. Tidak hanya dalam perihal promosi, masih terdapat sebagian kesalahan yang biasa dicoba ialah salah memastikan sasaran pasar, salah dalam memandang perspektif pasar serta salah dalam melaksanakan promosi.


Seluruh kesalahan tersebut menimbulkan banyak pengeluaran serta waktu yang terbuang percuma. Oleh sebab itu dalam suatu marketing dibutuhkan strategi yang cocok. Kesesuaian antara produk serta jasa yang dipromosikan dengan account yang hendak jadi sasaran promosi ialah aspek yang sangat mempengaruhi dalam melaksanakan promosi buat tingkatkan keefektifan serta keefisiensian dari promosi tersebut.


Di samping itu sejak kemunculannya, media sosial selalu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat. Terbukti bahwa pengguna media sosial semakin bertambah dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang ada pada tahun 2013, pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 95% dari 63 juta pengguna internet dan akan terus bertambah.

Dari sekitar 32.000 sampel survei yang telah  dilakukan, penggunaan sosial media mencapai dua kali lipat dari pada waktu yang digunakan untuk mengonsumsi media tradisional seperti televisi ataupun radio [4]. Hal tersebut telah membuat media sosial berkembang sangat pesat, karena di dalamnya terdapat berbagai hal mulai dari informasi, hiburan, edukasi, hobi, sampai hal pribadi. Sosial media yang kini telah menjadi rutinitas masyarakat, membuat kepopuleran televisi, radio, ataupun majalah menjadi berkurang. 

Salah satu sosial media yang paling berkembang pesat adalah jasa social media marketing. Menurut versi Social Times, media sosial termasuk ke dalam 3 besar sosial media dengan pertumbuhan yang paling cepat. media sosial merupakan sebuah media sosial yang digunakan sebagai alat untuk berbagi berbagai macam informasi mengenai banyak hal yang menjadi perhatian pengguna. Dengan kepopulerannya tersebut banyak pemilik usaha yang mulai menggunakan media sosial sebagai media untuk promosi. Salah satu alasan penggunaan media sosial sebagai media promosi adalah karena dengan menggunakan media sosial ini para pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk promosi.

Komentar